Minggu, 24 Agustus 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

PARIWISATA BALI: 2013 Target Kunjungan Turis Asing Naik 10%

Editor   -   Senin, 10 Desember 2012, 16:35 WIB

BERITA TERKAIT

DENPASAR--Dinas Pariwisata Bali menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Pulau Bali pada 2013 meningkat 10% dibanding tahun 2012.

Ida Bagus Kade Subiksu, Kepala Dinas Pariwisata Bali, mengatakan target itu sekitar 3,1 juta wisman yang langsung datang ke Bali baik melalui bandara atau pelabuhan laut.

"Kami optimistis jumlah wisman ke Bali bisa tercapai pada 2013, pasalnya banyak kegiatan bertaraf internasional yang digelar salah satunya yaitu KTT APEC," katanya, Senin (10/2/2012).

Dia berharap infrastruktur baik bandara, jalan tol, underpass yang semakin baik pada 2013 mendatang.

"Pihak kami berharap, wisata MICE terus berjalan baik di Bali karena sebagai salah satu pendukung jumlah wisman ke Bali dan para pemangku kepentingan pariwisata bersama-sama bisa terus memajukan pariwisata Bali," katanya.

Hal senada diungkapkan Ida Bagus Ngurah Wijaya, Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali. Ia memproyeksikan kunjungan wisatawan mancanegara tahun 2013 meningkat tidak lebih dari 10%.

"Kami tidak menargetkan terlalu tinggi pertumbuhan kunjungan wisman ke Bali karena menurutnya selama ini masih banyak kendala yang masih perlu di perbaiki," katanya.

Menurutnya, tahun ini saja ia memprediksi pertumbuhan wisman mengalami perlambatan akibat minimnya infrastruktur penunjang direct flight atau penerbangan langsung ke Bali hanya mencapai kurang lebih 10% saja.

"Bali tidak hanya menerima wisman hanya dari kunjungan langsung, namun juga tidak langsung. Misalnya, wisman yang datang melalui kota lain dan melanjutkan perjalanan ke Bali. Namun jumlah itu tidak lebih dari 10% dari angka kunjungan wisman langsung," paparnya.

Selain itu, Badan Pusat Statistik (BPS) hanya mencatat kedatangan wisman yang langsung datang ke Bali sedangkan wisman yang melalui kedatangan domestik tidak terdata. (ems)


Source : Steffi Novita Purba

Editor :

 

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.